Falsafah Islam

Posted on Updated on

Daar Al-Ghazaly – Pengertian falsafah adalah suatu kata sarapan dari bahasa Yunani “Failushopia” yakni Failu ( Cinta ) Shopia ( Hikmah) dalam arti kata Cinta dan Kebijaksanaan. Kemunculan kata Falsafah bermula sejak tahun 7 SM di Yunani, ketika itu para Failusuf  berkumpul mendiskusikan alam semesta, kehidupan dll. Sejak itu lahir lah Failusuf terkenal Plato, Socrat dan Aristoteles.

Ditinjau dari segi pembagian Falsafah terbagi kepada dua bagian, Falsafah Am ( umum) dan Khas ( Khusus). Falsafah Am kembali kepada zaman Yunani kuno yang terkonsentrasi terhadap pembahasan Uluhiyyah ( Ketuhanan ) sedangkan Falsafah Khas lebih memfokuskan kajiannya terhadap disiplin-disiplin ilmu baru seperti Mantiq, Usul Fiqh dll.

Setiap wilayah  memiliki keunikan falsafah masing-masing, karena latar belakang budaya dan letak georafis membuat cara berpikir penduduk tersebut berbeda-beda, ada falsafah berasaf dari barat, falsafah timur, falsafah islam dan lain-lain. Sekalipun berbeda wilayah dan letak geografis tujuan para Failusuf adalah untuk mencapai kepada kebenaran serta cinta akan kebijaksanaan.

Dalam Falsafah islam, telah lahir Failusuf-Failusuf  Islam seperti Al Kindy, Al Farabi, Ibnu Sina, Al Khawarizmi, dan Al Ghazaly. Cendikiawan muslim ini telah banyak memberikan sumbungan ilmu yang sangat bermanfaat kepada umat sejagat raya, misalanya Ibnu sina yang terkenal dengan keahliannya dalam bidang kedokteran, dan Al Khawarizmi dalam disiplin ilmu matematika.

Selain itu, banyak diantara kalangan umat islam tidak menyukai bidang ilmu Falsafah karena berasal dari Yunani semantara Islam telah mendapat petunjuk lebih dari pada Falsafaf. Allah SWT telah menurukan Al Quran sebagai petunjuk kepada makhluNya  yang menjawab semua persoalan hidup termasuk persoalan uluhiyyah ( ketuhanan ) yang merupakan persoalan asas Falsafah.

Namun, Falsafah islam bisa diartikan dengan Al-Fikru Al -Islami yang mencakup pengertian lebih luas. Al Fikru Al Islam berarti semua hasil pemikiran cendikiawan muslim kecuali Al-Quran, Al Hadist, dan Aqwalu As Shohabah. Nah, Semua yang dipelajari di Sekolah Menengah, Madrasah adalah hasil dari pemikiran para Failasuf.

Ilmu Tafsir juga termasuk kepada Al-Fikru Al Islami karena didalam tafsir mengandungi pikiran manusia, Ilmu Mantiq, Ilmu Usul Fiqh, Ilmu Aqidah adalah bagian dari Al Fikru Al Islami atau Falsafatu Islam. Jadi, mempelajari ilmu falsafah merupakan hal yang dituntut bukan untuk dihindari.

Daar Al-Aghozaly, Jum’at, 04 April 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s