Dosen UI : PDM Terbaik se Sumatera

Posted on

TAPSEL – Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) di Desa Simanosor Julu, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tapsel, mengikuti lomba pidato bahasa Inggris Economic Debate Competition di Universitas Indonesia baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut, ketua rombongan Alvin Istanto SE menyempatkan diri berkunjung menjumpai Presiden Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Center Universitas Indonesia Dr Ir Nining I Soesilo MA. Utusan PDM yang terdiri dari dua orang guru dan tiga siswa diterima dengan ramah di kantornya, Kampus Depok, Universitas Indonesia.

Dr Ir NiningI Soesilo MA yang pernah datang ke PDM beberapa tahun lalu sebagai narasumber pertemuan UKM se-Sumatera Utara mengatakan, lembaga pendidikan harus bisa bertahan dan eksis, serta harus pula berkembang dan maju. Itu akan menunjukkan jati diri visi dan misi masing-masing.

“Dalam hal ini PDM sudah meraihnya dan bahkan telah menjadi yang terbaik di tingkat Sumatera. Itu terbukti setelah saya lihat dan mendengar perkembangannya,” ujar Nining yang juga CEO Indonesia Center for Publik Policy Studies.

“Untuk mengukur keberhasilan PDM, boleh menggunakan analisis swot, sehingga dapat dijadikan acuan sebab berdasar pada objektivitas,” lanjut Dosen Senior Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini.

Selanjutnya Nining I Soesilo yang juga kakak Mantan Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu Jidid II Sri Mulyani tersebut merincikan analisis swot sebagai berikut: Strong, bahwa PDM memiliki cita-cita yang tinggi untuk mengangkat citra pendidikan Islam secara universal.

PDM memiliki fasilitas yang lengkap untuk sebuah sekolah di daerah yang cukup terpencil. Letak geografis yang menguntungkan untuk kenyamanan belajar, sebab jauh dari pengaruh negatif penyakit sosial kehidupan global.

Weakness, bahwa letak PDM yang terpencil ini dapat menyebabkan kesulitan pada sistem informasi. Tetapi PDM akan mampu mengatasinya dengan berbagai kemudahan alat-alat teknologi modern saat ini seperti modem internet, wifi dan lain-lain. Begitu pula dengan pengadaan kebutuhan tertentu yang sulit didapat namun akan mudah walaupun memakan biaya cost yang lebih tinggi.

Opportunity, bahwa PDM memiliki peluang yang cukup baik dikarenakan telah memilih atau memposisikan kearah sains. Masyarakat Islam akan lebih menyukai kemoderenan, saintist dan intelektual sebab dakwah Islam akan lebih berhasil dari manusia-manusia yang professional seperti ekonom, dokter, pengusaha dan lain-lain. Semua itu tentu menjadi cita-cita orang tua dan siswa.

Threax, bahwa PDM juga mempunyai ancaman seperti pola pikir masyarakat yang masih mengedepankan symbol-simbol atau mengarah pada pola lama namun ini punya pasar berbeda. Ada juga tantangan yang berasal dari yayasan pendidikan yang menganut system yang sama, dalam hal ini PDM harus mampu maju lebih dahulu sebelum orang lain mendahului atau menyamainya.

Oleh sebab itu PDM harus rajin study banding kesekolah yang modern dan terbuka di seluruh Indonesia.”Bila perlu saya akan memberi rekomendasi,”  tambahnya. Menurut Alvin Istanto yang juga wakil kepala MTs PDM, kunjungannya ke UI tersebut, selain ikut pertandingan, juga bersilaturahmi terhadap Bu Nining.

“Saya sangat bahagia atas sambutan yang sangat ramah ini. Apalagi Ibu Nining masih ingat benar dengan PDM,” imbuhnya. Pada kesempatan lain, ketua umumYayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) H.Jafar Syahbuddin Ritonga SE, MBA mengucapkan terima kasih kepada Bu Nining yang telah menerima utusan PDM.

“Ungkapan yang jujur dari salah seorang tokoh terkemuka Indonesia tentang Darul Mursyid, dapat dijadikan referensi dalam memilih sekolah,” urai pengusaha muda dan dosen S2 MM bidang sumber daya manusia tersebut.

“Keberhasilan suatu lembaga pendidikan dapat diukur dengan berbagai barometer, dan ini sudah dibuktikan oleh pakar sekelas Bu Nining,” tambah mantan sekjen REI Sumatera Utara tersebut.

“Tapi yang lebih penting lagi, kami terus dan terus berpikir serta berbuat untuk kemajuan PDM. Sebab kami memikul amanah dari wali-wali siswa kami,” pungkas mahasiswa S3 program DBA itu. (ran)

Sumber: Metro Tabagsel

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s