Doa Supaya Mendapat Kemudahan Dalam Segala Urusan

Posted on Updated on

Ilustrasi '' Hari ini adalah menatap dan menata, berbutlah !
Ilustrasi ” Hari ini adalah menatap dan menata, berbutlah !

Setiap insan memiliki urusan yang tak kunjung selesai selama hayat masih dikandung badan. Urusan adalah suatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena dengan adanya urusan menunjukan Insan tersebut masih aktif dengan segala peraturan dan larangan yang ada di atas permukaan bumi ini. Anda pergi ke pasar secara tidak lansung anda sedang menjalankan urusan dengan si penjual sayur mayur misalnya, anda pergi ke sekolah menaiki kereta, anda harus mematuhi segala rambu- rambu lalu lintas yang ada sepanjang jalan, jika anda tidak mau mengindahkan peraturan tersebut pihak Lantas akan berurusan dengan anda cepat atau lambat.

Ketika anda makan, anda sedang melakukan urusan dengan anggota tubuh anda, keseimbangan makanan adalah permintaan anggota tubuh anda, namun jika hal sebaliknya terjadi anda memakan makanan yang berlebihan misalnya mengandungi kolesterol tinggi, Karbohidrat tinggi alias anda menjadi obesitas, tanpa anda sadari anda sedang menempah tiket untuk menuju urusan yang lebih serius yakni  lebih cenderung terserang penyakit seperti sakit jantung, sakit diabetes, sakit darah tinggi dll. Pencegahan lebih baik daripada pengobatan, ini lah slogan yang harus terus dihidupkan dalam diri setiap orang untuk menjaga kesehatan agar senantiasa berhati – hati dalam memilih makan yang sesuai bagi tubuh masing-masing.

Usaha dari diri sendiri untuk menyelesaikan semua urusan adalah prioritas yang paling utama sebelum konsultasi terhadap orang lain, karena seorang mukmin adalah orang yang mengatakan ini Saya, bukan yang mengatakan ini Ayahku. jika dengan usaha diri sendiri tidak melahirkan hasil yang sempurna maka konsultasi terhadap ahlinya atau pakarnya seperti yang  disampaikan oleh Allah S.W.T. dalam firmanNya yang bermaksud: Bertanyalah kepada Ahlu Zikri ( Orang yang padai dalam bidangnya ) jika kalian tidak tau.

Dengan usuha-usaha diatas ada satu senjata lagi yang harus senantiasa di sisipkan dalam setiap langkah anda ketika menjalani suatu urusan yakni Doa. Coba diperhatikan tulisan ” Doa Ibu”, Restu Ibu” , Tiada kata seidah doa ”  barisan kata indah ini akrab sekali dengan bis penumpang di sekitar Tap-Sel, jelas ini menunjukan bahwa kekuatan doa sungguh luar biasa sehingga doa itu disamakan dengan senjata seorang mukmin. maka panjatkan kedua tanganmu minta sesuka hatimu Insya Allah cepat atau lambat Allah akan mengijabah permintaan tersebut. Aamiin

Di samping itu, ketika seseorang hamba bertambah giat mendalami pelajaran agama merupakan “tsamratu doa” ( hasil dari doa yang diijabah olehNya) mungkin orang tuanya senantiasa mendoakan beliau setiap akhir sholatnya, dan bisa jadi kawan-kawan terdekatnya atau guru-gurunya.  kemana pun pergi tetap pegang DUIT agar selamat dunia akhirat, Duit disini maksudnya: Doa, Usaha, Istiqomah, Tawakkal.

Lantas seorang Insan yang senantiasa berhadapan dengan urusan sudah barang tentu harus memiliki  senjata ampuh yang siap menggempur benteng-benteng di depannya dengan senjata Doa yang diajarkan oleh Rasullallah S.A.W. sebagai berikut:

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

[artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah].

Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya (3/255). Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah. (Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah)

Sanad hadits ini shahih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth dalam tahqiqnya terhadap Shahih Ibnu Hibban.

Faedah singkat dari do’a di atas:

  1. Yang namanya kemudahan hanya datang dari Allah. Sesuatu yang sulit sekalipun bisa menjadi mudah jika Allah kehendaki.
  2. Hendaklah hati selalu bergantung pada Allah, bukan bergantung pada diri sendiri yang lemah. Jika hati terlalu yakin atau terlalu PD (percaya diri) sehingga melupakan Rabb di atas sana, maka sungguh urusan tersebut akan semakin sulit. Ingatlah bahwa barangsiapa yang senantiasa bertawakkal pada Allah, maka Allah akan mempermudah urusannya.
  3. Manusia punya kehendak. Namun kehendak tersebut bisa terealisasi dengan baik dan sempurna, jika Allah menghendakinya. Oleh karena itu, hati seharusnya bersandar pada Sang Kholiq, Allah Ta’ala.
  4. Perlunya beriman kepada takdir ilahi dengan baik sehingga tidak membuat seseorang semakin sedih atas musibah atau kesulitan yang menimpanya.
  5. Takdir di satu sisi terasa menyakitkan. Namun jika kita memandang dari sisi lain, pasti ada yang terbaik dan hikmah yang besar di balik itu semua. Yakinlah!

Semoga kita bisa mengamalkan do’a ini di kala kita sulit dan di saat mengharap kemudahan dari Allah. Semoga sajian singkat ini bermanfaat.

Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.

Referensi:

-Kumpulan doa-doa Islam sehari-hari

Daar Al-Ghazaly, 26 Feb 2013

Sahrul Muda Harahap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s