Wakil Rektor IPB Kagumi PDM

Posted on Updated on

TAPSEL – Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan SaiparDolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), diyakini mampu menciptakan saintis atau ilmuan islam.

Hal ini diungkapkan Wakil  Rektor 2 Bidang Umum dan Administrasi  Istitut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ir Hermanto Siregar Mec PhD, belum lama ini. “Luar biasa, akan lahir dari PDM ini saintis-saintis atau ilmuan muda Islam kelak,” pujinya.

Menurutnya, meski PDM letaknya di pelosok Tapanuli Selatan, namun prestasi yang diukir sudah sangat besar. “PDM mampu bersaing di tingkat nasional di bidang sains. Hal ini adalah bukti produk PDM adalah berkualitas,” tambah pria asal Sipirok tersebut.

“Saya bangga ada sekolah yang berprestasi dari daerah asal saya. Prestasi ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Insya Allah, PDM akan mewarnai bangsa ini dengan ilmuan yang bersendikan keislamannya,” lanjutnya.

Menyinggung suasana yang berbeda dari kebanyakan pesantren lain, ia mengatakan PDM telah mengambil jalan berbeda tapi tetap dalam koridor Islam dan terkesan dinamis.

“Kita boleh dong tidak memakai simbol-simbol budaya luar asalkan tidak menyalahi aturan Islam, misalnya berpakaian gamis adalah budaya Arab, kan tidak wajib hukumnya harus memakai gamis, begitu juga simbol-simbol yang lain,” terang sosok ilmuan Islam yang pernah berkunjung secara langsung ke PDM tahun lalu.

”Bahkan menurut saya PDM telah membuat langkah yang spektakuler mengambil bagian sisi kehidupan yang selama ini kurang dipikirkan lembaga pendidikan sejenis pesantren.  Terkadang kita lupa bahwa sains sangat perlu, seperti kedokteran, pertanian, teknologi dan lain-lain serta kita juga lupa bahwa ekonomi sangat perlu. Hal yang penting dan terlupakan itulah yang diprioritaskan di lembaga pendidikan PDM ini,” ujarnya.

H Jafar Syahbuddin Ritonga SE MBA, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), mengaku senang dengan apa yang diungkapkan oleh Hermanto Siregar. “Kami senang ada pakar dan ilmuan nasional yang mengatakan PDM lembaga pendidikan berprestasi dan terbaik. Apalagi yang mengatakan pakar sekelas Prof Hermanto Siregar, Wakil Rektor 2 Bidang Umum dan Administrasi IPB,” tambahnya.

”Tidaklah salah bila kami mengklaim bahwa PDM satu-satunya pesantren sains serta mampu bersaing dengan sekolah umum. Kami sangat terbuka dan silahkan berkunjung ke kampus kami, sebagaimana orang-orang atau lembaga pendidikan lain yang pernah berkunjung untuk study banding,” pungkas  Mahasiswa S3 program DBA Universitas Sains Malaysia (USM) di Pulau Pinang Malaysia tersebut. (ran/rel)

Sumber: Metro Tabagsel

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s