Penerimaan Calon Santri di PDM Nilai Matematika 7 dan Bebas Narkoba

Posted on Updated on

Dolok Suanon Best View3 Tapsel– Sejak dibukanya pendaftaran santri santriyah baru di Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Musyid (PDM) pada 1 Januari 2013 lalu, telah banyak masyarakat berkunjung ke pesantren tersebut.

Kunjungan ini bentuk survey langsung ke pesantren sebagai bahan banding untuk memilih sekolah kepada anak-anak mereka melanjut ke jenjang yang lebih tinggi setelah tamat SD. Salah satu syarat mendaptar ke PDM harus memiliki nilai Matematika 7 dan bebas narkoba.

PDM terletak di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Provinsi  Sumatera Utara (Sumut).

”Tidak jarang setelah survey calon wali santri tersebut langsung mendaftarkan putra-putrinya untuk menuntut ilmu di PDM,” kata Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) PDM Ali Ibrahim Siregar SPdI, Minggu (6/1).

Dikatakannya, hingga saat ini calon santri dan santriyah yang telah mendaftar sebanyak sepuluh orang dengan catatan tujuh laki-laki dan tiga perempuan.” Dan ini akan terus bertambah hingga mencapai kuota 216 orang dengan perincian 126 putra dan 90 orang putrid, ” jelas Ketua Panitia Penerimaan Siswa Baru (PSB) PDM 2013 ini.

Berdasarkan keterangan di papan informasi Sekretariat PSB PDM, persyaratan untuk masuk menjadi calon siwa di sekolah tersebut adalah sebagai berikut, siswa yang akan didaftarkan ke PDM harus memiliki nilai matematika 7 di kelas lima SD yang dibuktikan  dengan mengirim fotocopi rapor SD kelas lima semester satu dan dua.

Persyaratan lainnnya adalah berbadan sehat dan tidak mempunyai penyakit kronis serta tidak pernah mengkonsumsi narkoba. Membayar uang perlengkapan siswa sebesar Rp8 juta dan boleh membayarnya Rp3 juta sebagai tanda regestrasi bahwa siswa tersebut telah mendaftar di PDM.
Menurut orang tua calon santri PDM, Nur Hasanah, asal Provinsi Riau yang telah mendaftarkan anaknya mengatakan, kesempatan mengunjungi PDM dan mendaftarkan anaknya adalah sesuatu yang dinantikan.

”Kami sudah sering mendengar info tentang sekolah ini. Namun saat melihatnya kami langsung merasa suasana sekolah sangat luar biasa baik dari alam dan perlengkapannya, ”sebut Nur Hasanah.

Ditambahkan ibu beranak tiga ini, dari segi prestasi akademik mereka juga sudah baca di media, tetapi dari segi fasilitas dan suasana alam yang asri, indah dan sejuk, baru mereka saksikan sendiri.

“Ternyata sangat modern dan lengkap, selain itu alam di PDM ini sangat sejuk. Sungguh tepat untuk menimba ilmu yang baik apalagi jauh dari kebisingan, “ tambahnya.

Lain halnya menurut Sutresno, calon wali siswa asal Sosa, dia mendaftarkan anaknya di PDM agar terhindar dari masalah bobroknya moral di luar sana.”Kalo anak saya tidak disekolah kan di PDM, saya khawatir dia akan terpengaruh oleh teman-temannya. Kenakalan remaja dan dekadensi moral sangat meresahkan kita, maka menyekolahkan anak di PDM adalah merupakan solusi yang tepat,” ungkapnya.

Dari pantauan di lokasi PDM, sejak dibukanya pendaftaran PSB awal Januari 2013, terlihat banyak calon-calon wali santri santriyah berkunjung. Beberapa orang tua tersebut berasal dari berbagai daerah dan provinsi yang berbeda seperti Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Labuhan Batu, Riau, Jambi, Batam dan Medan. (ran/mer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s