Psp Dipimpin Walikota Termuda di Sumut

Posted on Updated on

  SIDIMPUAN – Kota Padangsidimpuan (Psp) resmi memiliki pemimpin baru, Jumat (4/1). Adalah Andar Amin Harahap dan Muhammad Isnandar Nasution, yang akan memimpin kota salak ini hingga lima tahun ke depan. Yang unik, Andar Amin Harahap yang pada 26 Januari nanti berusia 31 tahun, tercatat sebagai walikota termuda di Sumatera Utara.

Pernyataan walikota termuda ini dilontarkan Plt Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujonugroho usai melantik Andar Amin Harahap dan Muhammad Isnandar Nasution periode 2013-2018, di Gedung Nasional Jalan Serma Lian Kosong, Psp, kemarin.

“Dari umurnya Walikota Psp yang baru ini termasuk yang termuda untuk Sumut mungkin juga di Indonesia,” kata Gatot.

Sebelumnya, pelantikan dilaksanakan dalam sidang paripurna istimewa DPRD yang dipimpin Ketua DPRD Psp Aswar Syamsi Lubis didampingi wakil Taty Aryani Tambunan dan Hamidah Batubara.

Andar Amin Harahap dan Muhammad Isnandar Nasution dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Psp periode 2013-2018 berdasarkan SK Mendagri RI Gamawan Fauzi Nomor: 131.12-914 Tahun 2012 dan 132.12-915 Tahun 2012 tertanggal 26 Desember 2012.

Gatot Pujonugroho dalam sambutannya mengatakan, Kota Psp merupakan salah satu kota di Sumut yang resmi berdiri pada tahun 2001 dan merupakan hasil pemekaran wilayah daerah Kabupaten Tapsel.

Kota Psp seperti halnya kota-kota lain di Sumut mengalami kemajuan terutama jika dilihat dari sektor perdagangan hotel dan  restoran yagn memberi kontribusi yang paling dominan hingga mencapai 22,82 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Menyusul sektor jasa-jasa 19,35 persen, pertanian 15,80 persen pengangkutan dan komunikasi 11,91 persen, keuangan, persewaan dan jasa perusahaan 12,22 persen dan industri pengolahan 11,78 persen. Seluruh potensi yang dimiliki oleh daerah ini harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat.

Dalam mengelola potensi ini tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemko Psp saja, namun diperlukan kontribusi dari semua pihak dan upaya kerjasama untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Tanpa hal ini potensi dimaksud akan sia-sia dan tidak akan memberikan kotribusi signifikan.

Dikatakan Plt Gubsu, peran pemerintah sebagai motivator dan fasilitator harus dapat dijalankan dengan maksimal. Keterbatasan anggaran bukan suatu alasan melainkan menjadi pendorong untuk melaksanakan program-program unggulan yang mengangkat daya saing daerah.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh perantau dari daerah ini untuk lebih berperan aktif.

Daerah ini memiliki perantau-perantau yang telah berhasil untuk dapat berperan guna meningkatkan daya saing daerah sehingga pada saatnya masyarakat akan siap bersaing secara global tanpa melupakan jati diri sebagai masyarakat Psp yang harmonis,” ujar Gubsu.

Plt Gubsu mengajak semua pihak untuk senantiasa mendukung walikota dan wakil walikota Psp yang baru dilantik ini. “Walapun dari segi usai relatif muda saya yakin mereka memiliki motivasi yang lebih untuk dapat mewujudkan janji-janji pada saat kampanye.

Dukungan dari saudara sekalian akan mempercepat terwujudnya janji-janji tersebut. Kepada saudara Zulkarnaen Nasution dan Mara Gunung Harahap, walikota dan wakil walikota sebelumnya beserta keluarga.

Saya mewakili Pemprovsu mengucapkan terimakasih atas pengabdian dan jasa-jasa saudara selama menjalankan tugas sebagai walikota dan wakil walikota. Saya yakin masyarakat Psp tidak akan melupakan karya yang telah saudara perbuat,” ucap Gatot.

Selanjutnya, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan periode 2013-2018 Andar Amin Harahap dan Muhammad Isnandar Nasution ini ditandai dengan pengucapan sumpah dipandu Plt Gubsu.

Dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan, penyematan tanda pangkat dan jabatan disertai dengan penyerahan memori kepada walikota dan wakil walikota oleh Plt Gubsu.

Hadir pada acara itu 24 dari 25 anggota DPRD Psp, Wakil Ketua DPRDSU  Ir Kamaluddin Harahap, anggota DFPRDSU Fadly Nurzal, Sekdap

Sumber: Metro Tabagsel

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s