Media Perubahan Zaman

Posted on Updated on

download (4)Seiring dengan perjalanan zaman, banyak perubahan-perubahan yang didapati dalam setiap sudut kehidupan manusia. Perubahan zaman yang membawa kepada keserba-canggihan, instan, cepat dan tangkas. Perubahan yang didukung oleh teknolongi-teknologi canggih. Perubahan demi perubahan yang dialami penduduk muka bumi adakalnya membawa kebaikan dan keburukan. Dan itu sudah menjadi takdir yang harus dijalani oleh manusia.

Pergerakan manusia semakin berkurang yang ditukar dengan tenaga mesin hasil ciptaan manusia.Dahulu kendaraan digerakan oleh manusia kaum bawah, tapi sekarang mesin mengambil alih semua itu.Dahulu jalan raya, rel kereta api dan bangunan-bangunan dikerjakan sepenuhnya oleh tangan manusia yang serba terbatas, namun sekarang traktor dan mobil berat sudah tersedia. Dahulu mendapatkan informasi harus melalui surat menyurat kertas, tapi sekarang internet dan hp sudah tersedia.

Seiring bertambahnya usia bumi perubahan-perubahan semakin dirasakan oleh semua kalangan penduduk muka bumi ini. Kehidupan pun semakin bergesar kearah kemodrenan serta lambat laun meninggalkan era jadoel. Era jadoel suatu yang tak akan pernah hilang dalam peradapan manusia, Era itu akan menjadi sejarah tersendiri bagi kehidupan mendatang.

Era jadoel merupakan penyumbang no.1 kepada perubahan zaman sekarang. Pemikiran-pemikiran orang-orang terdahalu sudah pasti memberikan kesan positif kepada perubahan zaman sekarang. Sebagai orang yang hidup zaman sekarang sudah seharusnya menimbulkan rasa berterima kasih kepada pendahulu-pendahulunya. Mereka lah yang mendukung perubahan zaman sekarang, mungkin tanpa mereka keberhasilan zaman modren ini tak seperti yang disaksikan sekarang ini.

Namun apa media yang mendorong dan mendukung semua perubahan tersebut? sudah barang tentu peranan akal menjadi prioritas utama kepada perubahan zaman sekarang.  Dengan akal manusia dapat berfikir kebelakang ketengah dan kedepan. Akal yang selalu diajak berfikir lama-kelamaan akan menemukan ide yang jitu untuk suatu perubahan. Pemikiran yang kreatif, energik dan dinamis mampu menghasilkan karya-karya besar untuk mendukung perubahan terhadap zaman modren.

Kalau dengan hanya akal sudah tentu perubahan tidak akan sempurna tanpa diikat dengan pengakuan qolbu yang jujur. Qolbu merupakan media kedua yang mendorong perubahan zaman sekarang. Qolbu sangat berperan untuk mengoreksi semua hasil pemikiran akal manusia. Qolbu akan memberikan keputusan apakah suatu pemikiran tersebut layak pakai atau tak layak pakai. Penilaian qolbu sudah pasti menyempurnakan hasil pemikiran manusia makanya media qolbu tidak bisa dipisahkan kepada perubahan zaman sekarang. Peranan qolbu kebiasaannya membawa natijah kepada fitrah manusia itu diciptakan.

Media terakhir yang membawa kepada perubahan zaman adalah panca indra yang telah Allah anugrahkan kepada setiap hamba-Nya. Melalui panca indara setiap orang akan dapat membaca, mendengar, melihat, mencium, merasa dan berbicara. Dengan panca indra yang sempurna setiap manusia dapat memamfaatkanya terhadap perubahan zaman sekarang.

Makanya, hasil karya manusia yang dapat disaksikan zaman sekarang ini berupa teknologi canggih, handphone canggih, komputer canggih, Ipad, Plastaytion, Tv, robot-robot, bangunan-bangunan tinggi, dan lain lain adalah hasil karya manusia yang didukung oleh akal, qolbu dan panca indra.  Sebagai insan yang dhoif mari mensyukuri segala nikmat-Nya dan memohon agar perubahan zaman yang dikecapi menjadi langkah yang baik menuju jalanNya.

18 Lorong Pahlawan, 12 Feb 2012

Sahrul Muda Harahap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s