Nikmat Hidayah

Posted on Updated on

Hari ini bertepatan pada tanggal 5 Februari 2011 bersamaan dengan 12 Rabiul Awal merupakan hari bersejarah yang tak pernah dilupakan oleh segenap ummat Islam. Pada 12 Rabiul Awal telah lahir seorang utusan Allah S.W.T untuk membawa ummat Islam ke jalan hidayah. Utusan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah seorang nabi terakhir yakni Nabi Besar Muhammad S.A.W yang terkenal dengan Habibullah ( Kekasih Allah). Pada hari ini, segenap ummat islam kembali memperingati prisitwa itu supaya kecintaan dan kasih sayang kepada Rasullah kian hari kian bertambah.

Masyarakat sekitar jalan Telok Wanjah telah menyusun acara tersendiri untuk memperingati Maulidur Rasul. Menjelang magrib tadi para jamaah surau Ar-Rasyid datang berbondong-bondong untuk mendirikan sholat jamaah magrib sekaligus mendengar ceramah Maulidur Rasul seusai sholat magrib. Antusias masyakarat sekitar sangat mengangumkan sehingga surau yang tak seberapa besar itu penuh dengan jamaah yang hadir.

Dalam acara itu telah hadir seorang tokoh ulama Kedah untuk menyampaikan ceramah Maulidur Rasul. Beliau merupakan mufti Kedah dan sangat dicintai oleh masyarakat setempat karena sosoknya yang bersahaja. para jamaaah telah siap mendengar siraman rohani. tanpa mengulur-ngulurkan waktu pengerusi majlis mempersilakan yang berbahagia Dato Baddrudin untuk menyampaikan kuliahnya ( bhs malay red).Baca Selengkapnya

Asslamualaykum para hadirin sekalian yang saya hormati, disini saya sebagai penceramah ingin mengajak tuan2 dan puan2 untuk mensyukuri segala nikmat-Nya. InsyaAllah pada kesempatan ini, saya akan memberikan kuliah tentang syukur. pertama syukur terhadap Al-ijad (Keberadaan di muka bumi ini) dan kedua syukur terhadap istimdad.

Syukur terhadap Al-Ijad, sudah seharusnya kita mensyukuri keberadaan kita dipermukaan bumi ini setelah melewati pertarungan hebat dengan benih-benih sperma lain. kita adalah orang-orang terpilih dari jutaan sel sperma, jadi mari mensyukuri nikmat ini karena anda adalah orang beruntung untuk berpijak di muka bumi ini dan sekaligus menjadi kholifah di muka bumi ini.

Yang kedua, syukur terhadap istimdad terbagi kepada lima. pertama.nikmat Fitra,kedua nikmat Pancara Indra, ketiga nikmat akal, keempat nikmat agama dan kelima nikmat petunjuk. Nikmat pertama anda tak perlu cari semua sudah instan sudah ada sejak anda dilahirkan, coba perhatikan seorang bayi yang baru dilahirkan tanpa anda ajari pun dia mengerti untuk menghisap susu ibunya. siapa yang mengajari ini semua.. Subhanallah. nikmat fitrah ini, bukan hanya manusia yang mendapatnya hewan juga dapat merasakan nikmat ini.

Kedua pancar indra, nikmat ini pun sudah diberikan dengan baik tanpa perlu kita minta kepadanya. yang ketiga akal, akal juga sudah diberikan dengan sempurna. yang keempat nikmat agama, nikmat ini pun sudah tersedia yakni agama islam agama yang diakui disisi-Nya. agama sama dengan rambu-rambu lalu lintas, kalau anda patuhi rambu-rambu lalu lintas anda pun akan selamat begitu juga Ad-din sebagai rambu-rambu menuju jalan lurus-Nya.

Namun, dari empat nikmat tersebut. ada satu nikmat yang harus kita minta yakni nikmat petunjuk. Dalam sehari sebanyak 17 kali senantiasi kita memohon kepada-Nya agar diberi petunjuk , dalam surah Al-Fatiha. إهدنا الصراط المستقيم. Ya Al-Allah tunjukkanlah kami ke jalan lurusMu. untuk meraih nikmat ini diperlukan pengorbanan yang luar biasa dari hamba-Nya karena nikmat petunjuklah yang membedakan hamba-hambaNya.

Semoga kita diberi hidayah oleh-Nya dalam mengarungi hidup sesaat ini dan selamat dunia dan akhirat. ربنا آتنا فى الدنيا حسنة وفى الآخيرة حسنة وقنا عذاب النار… آمين.

18 Lorong Pahlawan, 06 Feb 2012

Sahrul Muda Harahap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s