Pasar Pagi Kampung Berjaya Di Negeri Seberang

Posted on Updated on

Barang Bekas Menjadi Daya Tarik Utama Pasar Pagi Kg Berjaya

Pagi yang masih buta, embun yang masih menyelimuti sebagian jantung kota Star, matahari belum keluar dari persembunyiannya ketika itu para Pedagang pasar pagi sudah mulai meluncur ke pusat pasar kampung Berjaya untuk mengadu nasib menjual  berbagai produk mulai dari barang bekas, monja, barang basah, makan-makanan, penjual obat-obatan dan lain-lain. Arena pasar pagi tersebut cukup luas dan sangat strategis sehingga penduduk sekitar wilayah itu dengan mudah mengunjunginya.

Pasar Kampung Berjaya ( Kg Berjaya) beroperasi setiap hari mulai pukul 06: 00- 12: 00. Hari jum’at merupakan hari yang paling banyak pengunjungnya. Hampir seluruh lapisan masyarakat sekitar kg Berjaya menyempatkan diri untuk melihat-melihat dan membeli berbagai barang di pasar pagi itu. Pedagang di pasar itu datang dari berbagai pelosok kota dan kampung bahkan dari penjuru International sehingga barang-barangan yang dijual beranekaragam. Pedagang etnik Melayu paling mendominasi di pasar itu kemudian pedagang China dan India.Read More

Pasar pagi Kg berjaya terkenal dengan pasar Lelong yang menawarkan harga terjangkau dan murah meria. Namun ada satu hal yang membuat pasar pagi kg Berjaya lebih berjaya dari pasar-pasar lainnya yaitu pasar pagi Kg berjaya merupakan pemasok barang-barang bekas No 1 di sekitar kawasan itu. Barang bekas meliputi barang-barang prabot rumah, pakain, barang antik, barang langkah, koleksi-koleksi uang jaman dulu dan lain-lain. Semua barang tersebut diobral dengan harga murah.

Ketika menelusuri kawasan pasar tersebut, kelihatan para pengunjung saling berintraksi dengan penjual sesakali menanya harga sambil menawarnya walaupun terkadang pada akhirnya hampa tanpa membeli suatu barang pun. Pedagang barang bekas menjadi serbuan para pengunjung disana. Disamping itu, mereka tampak asyik memilih-milah barang bekas kesukaan mereka yang mungkin itu dijadikan sebagai koleksi di rumah dan suatu saat nanti dijual kembali ketika sudah langka. Barang bekas bukan berarti sudah buruk dan tak layak pakai, kebayakan barang yang ditawarkan masih bagus dan masih layak untuk dipakai oleh mereka peminat barang bekas.

Bukan hanya barang bekas yang menjadi tarikan di pasar pagi tersebut, tapi produk obat-obatan traditional  juga mewarnai ragam jualan di pasar itu. Para pengunjung pasar memang sudah tidak merasa asing lagi dengan ceramah-ceramah penjual obat itu, setiap kali kaki melangkah suara toa para penjual obat itu kedengaran jelas dengan semangat menawarkan produknya. Ketika mata memandang tampak kerumunan pengunjung seolah membentuk lingkaran jangan sangka itu sedang ada pertandingan tinju tapi mereka sedang asyik dibuai ceramah-ceramah penjual obat dengan janji-janji si penjual obat yang membuat si pengujung ingin mendengar dan mendengar sampai menunjukkan janjinya. Dan ujung-ujungnya si ular kopra pun beraksi dengan irama music bollywood.

Begitulah sedikit keunikan pasar pagi kg Berjaya menurut pantauan pengunjung. Barang bekas merupakan simbolis pasar pagi kg Berjaya khususnya pada hari jum’at. Monja juga merupakan daya tarik pasar pagi kg Berjaya. Hari ini, merupakan hari jum’at terkhir di tahun 2011 dan menjadi hari jum’at terkhir di pasar pagi kg Berjaya. Semoga pasar pagi kg berjaya semakin jaya menawarkan produk-produk khas di Tahun 2012 nanti.

Alor Star, Jum’at 30/12/2011

 Sahrul Zein Harahap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s