Jelang Ujian Semester

Posted on Updated on

من عرف بُعد السفر فاستعدّ

Ujian semester pertama akan bermula seminggu lagi, Mahasiswa kolej itu diberi kesempatan mengulang pelajaran selama seminggu sebelum ujian semester diadakan(study week). Kesempatan seminggu merupakan saat yang paling tepat untuk mempersiapkan segala bekal menghadapi ujian nanti.Seminggu menjelang ujian memang saat-saat paling sibuk di sekitar kampus itu.Dosen-dosen sibuk menguruskan hasil ujian pertengahan semester dan Mahasiswa yang rajin sibuk menghafal dan mengulang pelajaran.

Semua jenis catatan dan buku-buku pelajaran akan dihimpun kembali untuk dijadikan bekal menghadapi ujian nanti.Tak cukup hanya bekal catatan saja kemudian dihafal kalau tidak mengerti maksudnya, tak cukup hanya dengan buku-buku pelajaran yang tebal kalau tidak mengerti isinya.Mahasiswa pun terpaksa menjumpai kawan-kawan yang lebih pandai untuk mendiskusikan pelajaran tersebut dan mendatangi Dosen-dosen yang berkenaan.

Namun, seminggu menjelang ujian banyak orang terlena mengabaikan kesempatan itu, mereka lebih memilih bersantai-santai dahalu kemudian bekerja keras saat ujian akan berlangsung besok harinya(SKS). Mereka lebih memilih menenangkan fikiran dahulu sebelum ujian datang. Mereka membuat target-target tertentu seperti sugesti dalam hati ” Sekarang santai dulu, besok aku akan belajar” sugesti ini mungkin ia ucapkan lima hari sebelum ujian. Hari berikutnya pun tiba, sugesti yang sama ia camkan kembali dalam hati ” Yah.. santai dulu la, ujiannya masih lama, waktu masih panjang, tunggu besok hari aja baru belajar’. Sampai kapan baru belajar…?

Prinsip itu memang sangat bahaya bagi orang yang tak berpengalaman karena akan membawa kepada kegagalan dalam menghadapi ujian, akhirnya penyesalan pun bersarang dihatinya.” Kenapa dahalu aku tak belajar sungguh-sungguh? Apa salahku sampai-sampai terjadi seperti ini’ penyesalan itu tak akan berakhir akan terus menghantuinya sampai semester baru tiba barulah ia kembali semangat untuk melanjutkan study dengan ketulusan hati seolah bangkit dari kegagalan.

Mereka yang gagal seperti itu hanya ikut-ikutan tanpa menilai siapa dirinya.kalaulah ia rajin ngampus, diskusi dengan kawan-kawan dan semua  tugas ia serahkan, pasti kegagalan tak sudi mendekatinya. Semuanya tergantung mahasiswa mau lulus, ya harus belajar.mungkin tips berikut dapat membant kita semua:

1.Siapkan waktu sebaik mungkin

Perhatikan urutan mata-mata pelajaran yang akan diuji lalu jadwalkan waktu untuk belajar. Mulailah untuk mempelajari mata pelajaran yang diujikan terlebih dahulu dari sekarang. Kurangilah waktu bermainmu. Jalankan kebiasaan ini setiap hari termasuk di akhir pekan.

2.Pelajari kembali catatanmu setiap hari

Setelah pulang sekolah, biasakan untuk mempelajari kembali catatanmu. Hal ini dilakukan agar kita benar-benar mengerti pelajaran yang kita dapatkan di sekolah.

3. Lihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulanganmu yang sebelumnya.

Melihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulangan sebelumnya juga merupakan proses belajar. Coba lihat kembali dimana kalian melakukan kesalahan dan carilah jawaban yang benar. Siapa tahu apabila soal tersebut termasuk dalam soal yang diujikan, kalian sudah siap untuk menyelesaikannya dengan benar.

4. Buatlah kelompok belajar.

Dengan belajar berkelompok kalian dapat bertukar pikiran untuk membahas pelajaran yang kurang dimengerti atau sulit. Tetapi pastikan bahwa saat belajar bersama, kalian memang memakai waktu tersebut untuk belajar dan bukannya mengobrol.

5. Ikuti bimbingan belajar.

Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri kita menghadapi ujian atau ulangan umum adalah mengikuti bimbingan belajar. Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita dapat memantapkan mata-mata pelajaran yang diajarkan di sekolah serta apabila kalian tidak mengerti, kalian dapat menanyakannya pada guru bimbingan belajar tersebut.

6. Jaga kesehatan tubuh.

Waktu ujian atau ulangan umum semakin dekat dan itu berarti kita harus belajar lebih giat hingga kadang lupa waktu. Karena terlalu lelah, kita jadi jatuh sakit, wah kalau begini kita jadi terhambat deh untuk proses belajarnya. Konsumsilah pula makanan yang bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, jangan makan makanan yang sembarangan. Intinya, kita harus menjaga kesehatan tubuh agar kesehatan kita tetap prima sehingga akhirnya kita dapat menyelesaikan ujian atau ulangan umum dengan baik.

7. “Aku bisa!”

Kadang kita merasa tidak “PeDe” (Percaya Diri) akan menyelesaikan ujian atau ulangan umum dengan baik. Buanglah jauh-jauh pikiran itu dan katakan pada diri sendiri bahwa kita siap menghadapinya dan akan mendapatkan nilai baik. Dengan mempunyai rasa percaya diri, kita akhirnya dapat berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan.

8. Selesaikan belajar sehari sebelum ujian atau ulangan umum dimulai.

Biasanya kita sering tidak tidur dimalam ujian atau ulangan umum, sehingga akhirnya kita merasa mengantuk keesokan harinya, akibatnya kita tidak bisa menyelesaikan soal-soal ujian atau ulangan umum dengan baik. Agar hal ini tidak terjadi, usahakan untuk menyelesaikan belajar sehari sebelum ulangan umum dimulai. Lalu istirahatlah yang cukup agar tidak mengantuk disaat ujian atau ulangan umum.

9. Datanglah lebih pagi.

Akhirnya hari ujian atau ulangan umum tiba. Usahakan datang lebih pagi ke sekolah karena jika kalian datang terlambat yang akan kalian pikirkan adalah “semoga tidak terlambat.” Karena merasa deg-degan, materi pelajaran yang kalian sudah pelajari jauh-jauh hari jadi terlupakan deh. Bayangkan kalau kalian datang lebih pagi kan bisa mengulang catatan.

Sumber:www.duniabelajar.com

Sudah banyak tips-tips menghadapi ujian yang sengaja ditulis oleh pakar-pakar motivasi agar semua pelajar dan  mahasiswa mengambil hikmah darinya dan dijadikan panduan untuk belajar lebih optimal. Karana tips-tips yang diberikan oleh  seorang motivator sudah diuji terlebih dahulu kemudian dipersembahkan kepada mahasiswa.

Seiring dengan itu, Ujian semester pertama sudah semakin dekat mari belajar lebih optimal lagi. Selamat Menyambut Ujian Semester Semoga Keberhasilan Senantiasa Menanti Kita Semua.

نسأل الله أن يكتب لنا النجاح والصلاح والفلاح فى كل إمتحان وخاصة فى هذا متحان سمستر الأول… آميــــــــــــــــــــــــن.

Alor Star, 29/10/2011

Sahrul M. Harahap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s