Tapsel, 240 siswa ikuti PDM TATAP

Posted on Updated on

TAPSEL – Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) menggelar Training Awal Tahun Pembelajaran (TATAP) kepada 240 siswa baru tahun pembelajaran 2011-2012.

Kegiatan ini merupakan orientasi kembali sebelum dimulainya Kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran baru, dan direncanakan dilangsungkan di enam tempat pada 12 hingga 14 Juli dan 16 sampai18 Juli 2011.

“Kami perlu melakukannya, karena setelah liburan ini mungkin siswa dan siswi kami ada yang terpengaruh negatif di lingkungannya. Sehingga harus dibersihkan lagi jiwanya,” ujar Wakil Direktur PDM, Syarifuddin Nasution, tadi siang.

Sementara, menurut Kepala Madrasah Aliyah (MA) PDM, Husnil Walad, kegiatan TATAP ini adalah pengisian pengetahuan tentang pola hidup sehari-hari para siswa sebelum pembelajaran.

Siswa-siswi akan diisi jiwanya dengan siraman rohani. Sehingga mereka punya bekal untuk menjalankannya dengan baik di dalam pesantren maupun di masyarakat kelak.
Kegiatan tahunan PDM ini sengaja diramu menarik dan tidak menjenuhkan, namun tidak menghilangkan unsur edukasinya. Materi teori, praktek, simulasi, dan permainan, akan dikemas sebagik mungkin pada acara TATAP ini.

Untuk memaksimalkan hasil dari kegiatan ini, panitia merencanakan beberapa lokasi dan disesuaikan dengan kelasnya. Hal ini dilakukan agar materi yang disampaikan tepat guna dan tepat sasaran.

Adapun lokasi dan materi TATAP untuk semua kelas PDM TP 2011/2012 adalah, untuk kelas VII lokasinya di PDM di Desa Sidapdap-Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapsel. Dengan materi acara pengenalan PDM, ceramah pola hidup sehat, ceramah seks education (tingkat dasar), dan training of Metode Mathematich.

Kelas VIII lokasinya di Hotel Tor Sibohi Sipirok, dengan materi acara ceramah Bahaya Narkotika dan Zat Adiktif (NAZA), ceramah pengenalan penyakit dan antisipasinya, pelatihan shalat khusyuk (tingkat dasar).

Kelas IX di Sibolga dengan materi acara pelatihan ESQ (tingkat dasar), pelatihan table manner, kunjungan ke Water Treatment Plant (WTP) PDAM Tirta Nauli Sibolga. Kelas X lokasinya di Parapat dengan materi pelatihan shalat khusyuk, kunjungan ke Museum Balige, ceramah cheerer day oleh pimpinan Bank Sumut Parapat.

Kelas XI lokasinya di Pematangsiantar dengan materi acara ceramah bahaya NAZA (tingkat advance), ceramah etika/psikologi remaja, kunjungan ke pabrik teh, ceramah cheerer day oleh pimpinan Bank Sumut Pematangsiantar.

“Setelah pembekalan pada TATAP ini, diharap proses pembelajaran semakin baik. Sedangkan hal yang paling utama adalah agar siswa dapat meninggalkan perilaku buruk setelah libur beberapa hari di kampung masing-masing. Secara jujur, pengaruh buruk akibat pesatnya teknologi sudah merambah di mana-mana. Karena itu PDM harus mengantisipasinya sejak dini,” terang Syarifuddin. (waspada.co.id)
Sumber: Sipirok.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s