Malam Tiba Lagi

Posted on Updated on

Indonesian_Rupiah_(IDR)_banknotesMalam tiba lagi, Ahmad sudah tampak duduk di depan leptonya seusai mendirikan sholat magrib Ahmad kembali menyurvey situs-situs berita kesukaannya, sudah pasti jejeringan sosial facebook tidak terkecuali, facebook itu sudah ibarat menu utama yang harus di update sebelum menjelajahi situs-situs berita lainnya. Facebook telah banyak memberikan mamfaat tersendiri, seperti saling kongsi berita, menjalin kembali silaturrahmi, sekedar  ngobrol dengan kawan lama dan masih banyak lagi. Itu makanya Ahmad tidak bisa melepaskan facebook dari kehidupan sehari-harinya. Tapi perinsip seorang Ahmad “ facebook ya facebook harus tau waktu dan jangan sampai lalai atau lebay’’

Ahmad malam itu membaca suatu artikel tulisan seorang Ustnya. Ahmad nampak penuh konsestrasi membaca artikel tersebut sampai huruf demi huruf  ia telaah dalam-dalam, kata demi kata ia pahami baik-baik dan kalimat demi kalimat ia kuasai dengan mantap bahkan ia ulang-ulang bacaanya sampai ia paham benar maksud isi artikel tersebut. kenapa harus sampai begitu ya? Maklumlah artikel yang ia baca itu artikel berbahasa arab bukan bahasa ibunda, tapi walau demikian itulah perinsip seorang Ahmad “ berusaha membaca untuk paham sekalipun harus mengulang beberapa kali tanpa kenal  putus asa’’. itulah ilmu tidak mudah untuk didapat harus penuh pengorbanan.

Artikel itu menceritakan tentang peranan uang masa sekarang ini serta masalah-masalah dan penyelesaiaanya. Ahmad merasa judul ini pas sekali untuk dibaca sekedar untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Jaman sekarang ini mencari uang itu sangat susah bagi sebagian orang dan sangat mudah bagi sebagin yang lainnya. Uang sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, uang merupakan keperluan asas untuk bisa bertahan hidup, katakan saja untuk mendapatkan tempat tinggal harus pake uang, untuk makan harus dengan uang, untuk bersekolah harus bayar spp yang mahal, dan lain-lain semua memerlukan duit. Seakan semua masalah jaman sekarang ini tidak ada jalan keluar sehingga yang kuat memakan yang lemah, yang kaya mendzholimi yang miskin dan yang terlepejar menbodohi orang yang jahil. Begitulah kelihatannya jaman sekarag ini seolah tidak pernah berkesudahan. Seorang  qhoil mengatakan” tidak akan datang hari berikutnya kecuali hari itu semakin banyak kerusakan dan kejahatan didalamnya.

Jaman sekarang ini tipe manusia bisa kita temukan dari 4 golongan berikut: pertama mereka yang menjadikan hidupnya untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyak tanpa ada tujuan yang jelas dan lalai dari mengingati Allah. Yang kedua mereka yang menjadikan hidup ini untuk mengumpulkan uang agar kaya raya dan hidup senang didunia dengan mengabaikan akhirat. Kemudia yang ketiga mereka yang mencari uang untuk menjadikan sebagi penghubung dan melancarkan ibadah kepada Allah. Dan yang terakhir mereka yang hidup didunia ini seperti ada tidak adanya mereka sama saja tidak ada. Mereka itulah yang masuk kategori seperti hewan bahkan lebih dahsyat dari itu. nauzdu billah min zdalik. Semoga kita termasuk golongan yang ketiga. Amien

Kemudian Ahmad membaca sebuah hadist  yang bermaksud “kalau sudah akhir jaman nanti manusia harus memiliki dinar dan dirham untuk mendirikan agama dan dunianya’’ dari hadist tersebut jelaslah perintah untuk mencari uang dengan cara yang halal. Inilah salah satu mukjijat Rasullallah mengetahui hal yang masih belum terjadi atau disebut hal mustaqbal (jaman yang akan datang). Tidak ada  alasan lagi bagi siapa untuk tidak mencari uang dengan halal.

Nah sekarang gimana mau mendapatkan uang? Ini merupakan pertanyaan yang sangat penting sekali, tapi jawabannya secara umum ialah mari berdagang. Dan meminta nasehat dari mereka yang sudah berhasil. Ingat tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah mengajak kita untuk menjadi seorang entrepreneur.

18 Lorong Pahlawan, 18 Februari 2011

Sahrul M. Harahap

Iklan

2 thoughts on “Malam Tiba Lagi

    Anak tapsel said:
    Februari 23, 2011 pukul 12:17 pm

    Halo brother slm kenal bro dtggu kunjungan bliknya

    s4hrul responded:
    Februari 23, 2011 pukul 4:42 pm

    salam kenal juga bro…
    dongan sahuta do kan…hehe

    kasikan alamatnya ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s