Sebulan Setelah Tahun Baru

Posted on Updated on

Ilustrasi

Hari ini bulan january 2011 akan segera menutup tirai menuju bulan februari. bulan january 2011 telah mengudara 31 hari, bermula pada tanggal 01-01-2011 sampai hari ini 31-01-2011. hari akan terus berganti minggu, minggu berganti bulan, dan bulan berganti tahun begitulah ia adanya yang senantiasa patuh akan titah penciptanya, tak pernah berpaling, selalu tepat waktu, kapan dan bagaimanapun selalu setia bersama kehendak Allah sampai dengan yaumul qiamah.

Pada awal tahun 2011 sebagian mereka yang lalai telah menyambut tahun baru dengan berbagai cara, seperti bermain petasan, berkumpul ramai-ramai dalam lapangan terbukan sampai larut malam, mengadakan pesta-pesta yang tidak terhormat,  sementara mereka yang tidak mau lalai akan keadaan itu, mereka telah memperbanyak tasbih, tahlil, dan berdoa kepada Allah agar dosa-dosa yang lalu diampuni dan berharap kepada Allah agar dijadikan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Barang siapa yang berbuat kejahatan akan dibalas dengan kejahatan sementara siapa yang berbuat kebaikan akan dibalas dengan kebaikan.

Sekedar muhasabah kembali, bulan january 2011 hari ini akan segera meniggalkan kita, apakah pada bulan ini kita telah betul-betul lebih baik dari sebelumnya? apakah kita telah menjalankan sholat lima waktu? apakah kita telah bershodaqoh pada fakir miskin? apakah kita telah berbuat baik sesama muslim? apakah kita telah menjalann 7 sunnah nabi: 1. sholat tahujjud 2. membaca Al-qur’an dan maknanya 3. sholat subuh berjam’ah kemasjid 4. sedekah 5. istigfar 6. puasa sunnah dan 7. menjaga whudu. inilah 7 sunnah Rasullallah yang senantiasa beliau lakukan dalam seharian. semoga kita juga bisa berbuat demikian, Amien.

Nah, sekarang kita telah mengetahui berapa hasil muhasabah diri masing-masing. tentunya diantara kita ada yang telah berhasil ada juga yang masih gagal. gagal bukan berarti harapan telah terkubur, justru dengan itu kita lebih berambisi untuk bangkit dari keterpurukan, sementara hayat masih dikandung badan terus berusaha untuk melakukan yang terbaik, yang berlalu biarlah ia berlalu, jadikan sebagai motivasi hidup semoga kesalahan lalu tidak terulang lagi.

Februari 2011 akan segera berlayar bersama kita. hari ini kita masih diberi hidup untuk memperbanyak amal ibadah, hari ini mungkin hari terkhir bagi sesiapa yang telah dipanggil oleh Allah, hari berikutnya sudah barang tentu kita menyusul juga. begitulah hidup patah tumbuh hilang berganti sampai dengan hari yang dijanjikan nanti. kita telah diperintah untuk terus memperbaharui iman tanpa patah semangat. iman terkadang berkurang dan terkadang bertambah, sore beriman siang kufur. Ya Allah kami memohon kepadaMU tetapkanlah iman kami, hati kami, Agama kami dan akhirilah hidup kami dengan khusnul khotimah, Amien.

Februari 2011 mari kembali menyusun peta kehidupan yang baru, khususnya untuk menggapai target bulan ini agar lebih baik dari sebelumnya. dengan target akan mempermudah langkah menuju jalan berikutnya. terget sangat membantu untuk menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya. hidup tanpa target bagaikan berjalan tanpa tujuan. Ya Allah tunjukkan kami ke jalan yang lurusMu. Selamat tinggal bulan january 2011, Selamat datang bulan februari.

Alor Star 31 january 2011

Shahrul Zein (syabab_sm@yahoo.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s