Sejarah Singkat Kesultanan Malaka

Posted on Updated on

Sejarah Singkat Kesultanan Malaka

Setelah usai sarapan pagi merangkap makan siang, kebetulan saya ada kelas pukul 11:30 bersama puan Aminah( bukan nama sebenarnya), dosen pengajian Malaysia di universitas itu. Saya langsung aja menuju kampus yang tidak jauh dari medan(kantin) tempat saya makan,kelas saya berada ditinggkat pertama bangunan universti itu, lorong D- kelas D-1-2. Kawan-kawan sudah nampak duduk di kursi masing-masing sambil menuggu ketibaan dosen itu. saya pun mengambil tempat di samping salah seorang kawan berkulit hitam, yang berasal dari Somalia itu, didepan saya, kawan dari kamboja dan dibelakang saya, kawan dari Thailand. Begitulah Susana kelas International yang di penuhi oleh pelajar-pelajar luar negri sehingga kelas tampak berwana-warni.

Tepat pukul 11:30 sedikit telat, akhirnya, Dosen Pengajian Malaysia itu datang dengan tas hitam berisakan projector,leptop dan buku ditanganya. Dosen itu memulai pelajaran, sebelumnya dia memperkenalkan diri, karna hari ini merupakan hari pertama masuk, setelah usai liburan semester. Dosen itu juga baru mau mengajar kami semester ini. ‘’ Dengan melafazkan bismillah kita mulai pelajaran kita hari ini, ujar dosen itu. My All student. to day’’ dengan bahasa inggris ia terangkan mengenai asal-muasal sejarah Malaysia’’ The History Malaysia bermula dari kisah kesultanan malaka yang diasaskan oleh Parameswara. Sebelum lebih mendalam Ibu terangkan, tolong slient HP kalian. Memang sudah menjadi salah satu peraturan  di kolej itu untuk mematikan HP ketika kegiatan belajar mengajar . tapi entahlah’’ ada juga sebagian yang tidak mengindahkan peraturan itu, sudah sangat jelas menggangu suasana kondusif belajar.

‘’Ok.’’ Now. we can continue, kesultanan Malaka berdiri pada tahun 1400 silam, yang diasaskan oleh Parameswara. Sebelum kemunculan Kesultanan Malaka, kerejaan melayu sudah ada masa itu. Kenapa Parameswara bisa sampai di Semanjung Malaysia sementara beliu asli orang pelembang?’’ Begini cerita singkatnya.’pada tahun 1400 silam telah terjadi peperang dahsyat antara kejaraan sriwijaya pelembang dengan kerajaan Majapahit jawa, perlawan banyak mengorbakan jiwa semua tapak kerajaan sriwijaya nyaris dikuasi oleh Majapahit, turut terbunuh pada pristiwa itu Raja sriwajaya yang mempunyai salah seorang Anak bernama Parameswara yang sangat berwibawa dan disegani oleh penduduk kerajaan sriwijaya itu.

Pada waktu itu tiada pilihan lain bagi parameswara selain pergi, melarikan diri dan meniggalkan tanah kerajaan sriwijaya untuk menyelamatkan diri dari serangan majapahit yang semakin menjadi-jadi. akhirnya, parameswara dan pengikutnya memutuskan untuk berhijrah ke Temasik yang di kenal sekerang dengan singapura. Disinilah  parameswara sempat mendirikan takhta kerajaanya’’ dia sangat berkuasa,sangat berani sampai dirinya digelar dengan Mjeura. Sehiggalah pada suatu hari tanpa diduga Parameswara membunuh salah seorang wakil raja siam( Thailand)  bernama Tamagi, yang menyebabkan kedudukan parameswara terancam oleh serangan balas( Fighting Back) Raja siam ketika itu.

Lagi-lagi tidak ada pilihan lain,Parameswara dan pengikutnya terpaksa mininggalkan singapura untuk menghindar dari serangan Raja siam, mencari perlindungan yang aman ke pantai barat semananjung Malaysia tepatnya di muar(johor) disini beliau tidak lama’’ konon ceritnya tidak tahan dari ganguan biayak yang banyak membuat dia pindah ke Sinig Ujong kemudian beliau menuju sugai bertam merupakan tepi pantai dan pada akhirnya sampai di pulau malaka pada tahun 1400 M. disinilah permulan serajah kesultana Melaka, walaupun sebelumnya malaka telah diduduki oleh perkampunga kecil serta para nelayan tapi tidak memberikan pengaruh yang besara terhadap Malaka.

Parameswa terpilah jadi raja oleh peduduk disana. Kenapa disebut malaka? Tentunya ada cerita sendiri. Pada ketika itu paramesawa sedang asyik berburu sambil duduk dibawab sebatang pohon, tiba-tiba menyaksikan seekor kancil menendang salah satu anjing buruanya kedalam  sebuah sungai bernama sungai malaka. Akhirnya,ia teisprasi dari nama sungai tersebut dan menamakan lokasi itu dengan Malaka. pendapat lain mengatakan di ambil dari salah satu nama pohon yang disebut pohon malaka dan orang arab berpendapat dengan nama Malakat( pertemuan) karena pulau itu sering dijadikan tempat pertemuan para pedangan  dari seantro Dunia.

Pada abad ke-15 Malaka semakin masyhur diseluruh Dunia, dibawah takhta pemerintahan Parameswara sehingga malaka menjadi salah satu pusat perdangan yang sangat penting di pelosok dunia, selain memiliki tempat yang sangat strategis, Malaka telah berhasi  menjadi tempat penyebaran Islam setelah parameswa sendiri masuk  islam dengan menikahi putri pasai beresal dari  Aceh dan tanpa banyak alas -an seluruh pengikutnya masuk islam serantak.

Dosen sudah tampak letih dari tadi bercakap-cakap terus,saya yang masih serius mendengarkan penjelasan dosen, tidak terasa waktu tinggal  lima minit lagi.tapi keseriusan masih belum pudar dari wajah-wajah kawan saya. Maklumlah orang Somalia,China, Thailand, Kamboja dan saya sendiri pengen tau juga tentang sejarah Negara orang, bukan hanya Negara kita aja ada sejarah semua Negara pasti ada sejarah tersendiri yang membuat orang tidak lupa akan masa lalu dan menjadikan pelajaran untuk masa depan. ‘’ sejarah adalah mengingat lupa.’’ Kata seorang ahli sejarawan dari Eropa.

Maka sudah jelaslah sejarah Malaysia bermula dari kesultanan Melaka, walaupun seblumnya kerajaan melayu sudah ada, tapi diakibatkan bukti yang kurang akurat tidak bisa menjadi awal sejarah Malaysia. Justru sudah nampak dari jaman silam dulu, orang Malaysia itu tidak menutup kemungkinan berasal dari Indonesia juga, layaknya Sahabat karib, sudah kenal lama, dan memiliki banyak persamaan baik dari segi bahasa, rupa wajah,budaya dan lain-lain.’’ Penjelsan saya kepada salah seorang kawan bernama kholid dari cina’’. Ketika itu ia menanyakan apa beda orang Indonesia dengan Malaysia. Seblum kelas berkhir.

Terkhir kali mohon maaf, kalau banyak kesalahan yang di jumpai.

Rujukan:

-Pengajian Malaysia

-Wikipidia Kesultanan Malaka.

Alor Star, 10/10/2011

Shahrul Zein Harahap (syabab_sm@yahoo.com)

Parameswara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s